• Catatan Rifqi Azis
  • Catatan Rifqi Azis
  • Catatan Rifqi Azis
  • Catatan Rifqi Azis
  • Catatan Rifqi Azis
  • Catatan Rifqi Azis
  • Catatan Rifqi Azis

Asrorul Mais: PENYESUAIAN DIRI SISWA TUNADAKSA DI SEKOLAH UMUM (STUDI KASUS PADA SISWA PENYANDANG CEREBRAL PALCY, POLIOMYELITIS, DAN CONGENITAL AMPUTATION DI SMA/MA REGULER)

Wednesday, January 4, 2017 Label: ,
Asrorul Mais
Lailil Aflahkul Yaum
Prodi PLB FIP IKIP PGRI Jember
plb.fip@ikipjember.ac.id
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih mendalam  proses penyesuaian diri siswa-siswi tunadaksa di sekolah umum/reguler dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi
keberhasilan siswa-siswi tunadaksa dalam menyesuaikan diri terhadap lingkungan sekolah mereka.  Metode penelitian yang digunakan adalah metode  kualitatif dengan pendekatan
studi kasus. Terdapat tiga subjek yang diambil dalam penelitian ini yaitu: a) DM, b). MN, c). QK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga subjek mampu menyesuaikan diri
dengan baik, subjek memiliki persepsi yang akurat tentang realita, mampu mengatasi stress dan memiliki citra diri yang positif yaitu mengetahui kekurangan pada dirinya dan dapat
menerimanya dengan baik serta berusaha untuk hidup optimis. Adapun faktor-faktor pendukung penyesuaian diri subjek ialah dukungan dari teman-teman sebaya sehingga membuat diri subjek merasa nyaman didalam pergaulannya. Selain itu, kemauan diri subjek
yang ingin bersaing atau membuktikan kepada semua orang bahwa dirinya dapat melakukan sesuatu seperti orang pada umumnya.
Kata kunci : Penyesuaian diri, tuna daksa, sekolah umum.

Download Prosiding Jambore Konseling Nasional 2016

 
Konselor Profesional © 2010 | Designed by Blogger Hacks | Blogger Template by ColorizeTemplates | Brought to you by Cyber Template