Renalatama Kismawiyati : ANALISIS PERSEPSI GURU KELAS TERHADAP IMPLEMENTASI KELAS KHUSUS BAGI PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD NEGERI BANJARSENGON 02 KABUPATEN JEMBER
Wednesday, January 4, 2017
Label:
Download,
Kajian Ilmiah
Renalatama Kismawiyati
Prodi. Pendidikan Luar Biasa (PLB), FIP, IKIP PGRI Jember
renalatama@gmail.com
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru kelas terhadap implementasi penyelenggaraan kelas khusus bagi PDBK di SDN Banjarsengon 02 Kabupaten Jember.Desain penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan teknik analisis data menggunakan teknik analisis data interaktif. Teknik analisis
interaktif dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Subjek penelitian adalah guru kelas di SDN Banjarsengon 02 Kabupaten
Jember. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat persepsi negatif pada sembilan komponen dan persepsi positif pada tiga komponen implementasi kelas khusus bagi PDBK di sekolah inklusif. Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi GPK terhadap penyelenggaraan kelas khusus bagi PDBK di sekolah inklusif adalah kurang adanya pemahaman jenis PDBK, kurangnya komunikasi antara guru kelas dan GPK, dan kurangnya pengetahuan serta sumber informasi tentang penyelenggaraan kelas khusus bagi
PDBK.
Kata kunci: Persepsi, guru kelas, kelas khusus, peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK).
About Author
Write anything about you here!