• Catatan Rifqi Azis
  • Catatan Rifqi Azis
  • Catatan Rifqi Azis
  • Catatan Rifqi Azis
  • Catatan Rifqi Azis
  • Catatan Rifqi Azis
  • Catatan Rifqi Azis

Rosika Novia Megaswarie : PENGEMBANGAN PROGRAM INTERVENSI MELALUI TERAPI PERMAINAN UNTUK ANAK DENGAN KETERLAMBATAN BERBICARA

Wednesday, January 4, 2017 Label: ,
Rosika Novia Megaswarie
IKIP PGRI Jember
ABSTRAK
Terapi permainan merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk mengembangkan  keterampilan berbicara pada anak. Dalam penelitian ini, terapi permainan diterapkan untuk anak dengan keterlambatan berbicara.  Dari hasil studi lapangan, ditemukan bahwa  masih banyak anak-anak yang mengalami keterlambatan berbicara dan belum mendapatkan layanan pendidikan untuk mengembangkan keterampilan berbicara tersebut dengan cara yang menyenangkan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penemuan hasil studi lapangan tersebut. Tujuannya adalah untuk mengembangkan program intervensi
melalui terapi permainan untuk menangani permasalahan pada anak dengan keterlambatan berbicara. Subyek dari penelitian ini adalah anak dengan keterlambatan  berbicara usia 3-4 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif yang hasilnya berupa data kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa  keterampilan berbicara anak dapat berkembang setelah diberikan intervensi melalui terapi permainan. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai pedoman untuk mengembangkan program intervensi dengan terapi permainan lanjutan untuk anak yang mengalami
keterlambatan perkembangan berbicara.
Kata kunci : Intervensi, terapi permainan, kerterlambatan berbicara.

 
Konselor Profesional © 2010 | Designed by Blogger Hacks | Blogger Template by ColorizeTemplates | Brought to you by Cyber Template