• Catatan Rifqi Azis
  • Catatan Rifqi Azis
  • Catatan Rifqi Azis
  • Catatan Rifqi Azis
  • Catatan Rifqi Azis
  • Catatan Rifqi Azis
  • Catatan Rifqi Azis

Mochammad A. Tomtom : WACANA IKLAN MIE SEDAAP RASA BASO DI TELEVISI

Wednesday, January 4, 2017 Label: ,
Mochammad A. Tomtom
PG PAUD FIP IKIP PGRI Jember
Mochammad.tomtom@gmail.com
ABSTRAK
Iklan sebagai bagian dari wacana media massa, perlu mendapatkan perhatian khusus karena dalamnya terdapat berbagai macam ketimpangan sosial. Oleh sebab itu, penelitian ini memilih iklan sebagai objek kajian. Penelitian ini difokuskan pada iklan  Mie Sedaap Rasa Baso  di televisi menggunakan Analisis Wacana Kritis (Critical Discourse Analysis) yang dikembangkan oleh Teun van Dijk. Penelitian ini mengkaji strategi wacana, ideologi, konteks wacana iklan  Mie Sedaap Rasa Baso  di televisi. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian ditemukan strategi wacana yang digunakan dalam iklan  Mie Sedaap Rasa Baso  di televisi terdiri atas tiga tingkatan, yaitu
tingkatan makro, superstruktur, dan tingkatan mikro. Ideologi iklan  Mie Sedaap Rasa Baso di televisi adalah kapitalisme, liberalisme, individualisme, dan hedonisme. Ideologi-ideologi tersebut terefleksikan dalam iklan melalui penggunaan strategi wacana yang pada akhirnya merepresentasikan berbagai bentuk ketimpangan sosial. Konteks  wacana iklan Mie Sedaap Rasa Baso di televisi adalah pendidikan. Konteks pendidikan meliputi kondisi/tingkat pendidikan masyarakat Indonesia.
Kata kunci : Analisis Wacana Kritis

Download Prosiding Jambore Konseling Nasional 2016

 
Konselor Profesional © 2010 | Designed by Blogger Hacks | Blogger Template by ColorizeTemplates | Brought to you by Cyber Template