Mochammad A. Tomtom : WACANA IKLAN MIE SEDAAP RASA BASO DI TELEVISI
Wednesday, January 4, 2017
Label:
Download,
Kajian Ilmiah
Mochammad A. Tomtom
PG PAUD FIP IKIP PGRI Jember
Mochammad.tomtom@gmail.com
ABSTRAK
Iklan sebagai bagian dari wacana media massa, perlu mendapatkan perhatian khusus karena dalamnya terdapat berbagai macam ketimpangan sosial. Oleh sebab itu, penelitian ini memilih iklan sebagai objek kajian. Penelitian ini difokuskan pada iklan Mie Sedaap Rasa Baso di televisi menggunakan Analisis Wacana Kritis (Critical Discourse Analysis) yang dikembangkan oleh Teun van Dijk. Penelitian ini mengkaji strategi wacana, ideologi, konteks wacana iklan Mie Sedaap Rasa Baso di televisi. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian ditemukan strategi wacana yang digunakan dalam iklan Mie Sedaap Rasa Baso di televisi terdiri atas tiga tingkatan, yaitutingkatan makro, superstruktur, dan tingkatan mikro. Ideologi iklan Mie Sedaap Rasa Baso di televisi adalah kapitalisme, liberalisme, individualisme, dan hedonisme. Ideologi-ideologi tersebut terefleksikan dalam iklan melalui penggunaan strategi wacana yang pada akhirnya merepresentasikan berbagai bentuk ketimpangan sosial. Konteks wacana iklan Mie Sedaap Rasa Baso di televisi adalah pendidikan. Konteks pendidikan meliputi kondisi/tingkat pendidikan masyarakat Indonesia.
Kata kunci : Analisis Wacana Kritis
Download Prosiding Jambore Konseling Nasional 2016
About Author
Write anything about you here!